Pernah Ada Kota Paris Palsu di Prancis

Minggu, 13 November 2011

Bagikan :
Di masa Perang Dunia I, Prancis pernah membangun Paris palsu yang terletak di utara Ibu Kota Prancis tersebut. Paris palsu yang dibangun di Kota Potemkin bertujuan untuk mengecoh Jerman.

Surat kabar Inggris Daily Telegraph menjelaskan bahwa kota palsu itu tidak hanya dibentuk dari karton yang dipotong-potong melainkan terdiri dari replika bangunan bahkan Gare du Nord, stasiun kereta api yang  meluncurkan kereta api dari Prancis ke London.

Para pelukis juga membuat lukisan yang menampilkan kesan kaca kotor di atas atap pabrik. Kereta api dan jalur kereta api palsu juga dibangun. Bahkan ada juga Champs-Elysees palsu.

Rencana itu diperkirakan akan berhasil. "Radar pada 1918 belum beitu berkembang. Kapal pengebom Gotha yang digunakan Angkatan Udara Jerman masih sangat primitif. Kru pesawat itu akan menjatuhkan bom saat mereka melihat sasaran di darat. Dan kota palsu itu terlihat dari udara sangat mirip Prancis," tulis Daily Telegraph.

Sayangnya, rencana itu tidak pernah terwujud. Perang Dunia I telah berakhir sebelum kota palsu itu berhasil diselesaikan. Meski kota palsu itu kini telah tiada namun bukti foto-fotonya masih bisa ditemukan.

TahukahKamu.com | sumber: mediaindonesia.com
Terima kasih atas kunjungan anda. Hubungi kami di redaksi@tahukahkamu.com atau admin@tahukahkamu.com. Silakan keluarkan pendapat anda dengan berkomentar di bawah ini.
PENGUMUMAN
http://3.bp.blogspot.com/_VWGypXyRtgI/TCBXHjeuGgI/AAAAAAAAAZM/H9DXAOmgwBM/s1600/animasi.gif
TahukahKamu.com akan meluncurkan stasiun radio online.

Bagi kamu yang suka ngomong atau hobi cuap-cuap, dipersilakan untuk menjadi DJ radio online ini.

Kami akan kirimkan cara setting komputer kamu untuk bisa siaran via email.

Silakan daftarkan diri kamu melalui formulir "Pendaftaran DJ Tahukah Kamu Radio" atau klik di sini.


Terima kasih.


Klik di sini untuk menghilangkan pengumuman ini

0 komentar:

Posting Komentar

Gunakan kode berikut jika ingin menyertakan emoticon:

:))

:)]

;))

;;)

:D

;)

:p

:((

:)

:(

:X

=((

:-o

:-/

:-*

:|

8-}

~x(

:-t

b-(

:-L

x(

=))