Oops, Ada Tahu Obama di Ciamis

Selasa, 01 Maret 2011

Bagikan :
Bentuk adalah selera. Jika dulu kita hanya mengenal tahu dengan bentuk kotak (bata), kini berkembang pula tahu bentuk bola atau lebih dikenal dengan tahu bulat. Tahu bulat tentu membangkitkan selera tersendiri bagi para penggemar makanan bergizi tinggi ini.

Setahun terakhir ini di Ciamis pun berkembang belasan pabrik tahu bulat dengan melibatkan ratusan tenaga kerja dan membutuhkan belasan ton kacang kedelai setiap hari. Satu sentra tahu bulat di Ciamis adalah kawasan Tanjakan Alin Ayin, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, dan kawasan Warung Jarak serta Buniasih, Desa Muktisari, Kecamatan Cipaku, di sisi Jalan Raya Ciamis-Kawali. Ada 12 pabrik tahu bulat di kawasan ini.

Pabrik tahu bulat tersebut tidak hanya memproduksi bahan mentah setengah jadi atau tahu mentah yang dijual ke berbagai pasar di Jawa Barat mulai dari Tasikmalaya, Bandung, hingga Karawang. Ada juga yang menyediakan tempat bagi penggemar tahu untuk menikmati tahu bulat masak.

Seperti yang dilakoni Guru Syarif dengan warung tahu bulat Kayahu di tanjakan Alin Ayin Jelat, Jalan Raya Ciamis-Kawali (Cirebon). Juga rumah makan tahu bulat Mad Max yang dikelola Iding dan Kuwu Ahmad Hidayat di belokan Warung Jarak, RT 03/RW 09, Desa Muktisari, Cipaku, Jalan Raya Ciamis-Cirebon Km 10 Kwl (Km 132 Bdg).

Namun warga Ciamis Kota yang gemar tahu bulat tidak usah jauh-jauh keluar rumah. Sebulan terakhir juga berkembang pedagang tahu bulat keliling dengan menggunakan roda dorong yang diberi nama Aneka Gorengan Khas Ciamis.

Ada 20 roda dorong Aneka Gorengan Khas Ciamis ini setiap hari berkeliling menjajakan berbagai makanan gorengan mulai dari cireng, comro, risoles, hingga tahu bulat. "Setelah cireng, yang favorit dan selalu habis tiap hari adalah tahu bulat," ujar Rudi (24), pengelola roda dorong Aneka Gorengan Ciamis. Rudi setiap hari mangkal di Jalan Stasiun, di samping Toserba Yogya.

Bagi penggemar tahu bulat yang ingin menikmati tahu bulat panas sambil lesehan, tentunya warung tahu bulat Kayahu milik Guru Syarif di Tanjakan Alin Ayin menjadi pilihan. "Paling nikmat makan tahu bulat tersebut saat masih panas setelah diangkat dari penggorengan. Bumbunya cukup saus pedas," ujar Guru Syarif.

Menurut Guru Syarif, penggemar yang mampir di warung tahu bulatnya tersebut tidak hanya untuk menikmati tahu bulat yang sudah matang, tetapi juga biasanya membeli yang mentah untuk dibawa pulang. Setiap butir tahu bulat yang sudah matang harganya Rp 500.

Di warung tahu bulat Mad Max (Misihu) di belokan Warung Jarak Km 132, Jalan Raya Ciamis-Kawali, ada dua menu tahu bulat yang menjadi pilihan, yaitu tahu bulat Obama dan tahu bulat gejrot.


Tahu bulat gejrot, menurut Iding (43) dan Mulyati (40), pengelola warung tahu bulat Mad Max, merupakan sajian tahu bulat yang sudah matang digoreng kemudian dipotong-potong. "Setelah itu dilumuri bumbu yang terdiri dari gula, garam, bawang merah, bawang putih, kecap dan cabai rawit. Pokoknya mantap, habis makan tahu gejrot ladanya begitu terasa," tutur Mulyati. Satu porsi tahu gejrot ini Rp 5.000.

Tahu bulat Obama, kata Mulyati, adalah tahu bulat isi. Saat menjadi adonan, bahan dasar tahu bulat Obama ini dicampur daging ayam yang sudah ditumbuk halus dan kemudian dicetak jadi tahu bulat. Tahu bulat Obama tersebut lalu dikukus.

"Untuk menggoreng tahu bulat Obama ini tidak cukup dengan menggunakan minyak goreng. Tetapi terlebih dahulu dicelupkan ke telur ayam yang sudah dikocok. Dan saat menyantapnya makin mantap dengan polesan saus pedas," ujar Mulyati, yang menyebutkan harga tahu bulat Obama ini harganya Rp 5.000 untuk 3 potong.

ref: tribunnews.com
Terima kasih atas kunjungan anda. Hubungi kami di redaksi@tahukahkamu.com atau admin@tahukahkamu.com. Silakan keluarkan pendapat anda dengan berkomentar di bawah ini.
PENGUMUMAN
http://3.bp.blogspot.com/_VWGypXyRtgI/TCBXHjeuGgI/AAAAAAAAAZM/H9DXAOmgwBM/s1600/animasi.gif
TahukahKamu.com akan meluncurkan stasiun radio online.

Bagi kamu yang suka ngomong atau hobi cuap-cuap, dipersilakan untuk menjadi DJ radio online ini.

Kami akan kirimkan cara setting komputer kamu untuk bisa siaran via email.

Silakan daftarkan diri kamu melalui formulir "Pendaftaran DJ Tahukah Kamu Radio" atau klik di sini.


Terima kasih.


Klik di sini untuk menghilangkan pengumuman ini

0 komentar:

Posting Komentar

Gunakan kode berikut jika ingin menyertakan emoticon:

:))

:)]

;))

;;)

:D

;)

:p

:((

:)

:(

:X

=((

:-o

:-/

:-*

:|

8-}

~x(

:-t

b-(

:-L

x(

=))