Gara-gara Wikileaks, Petinggi Perusahaan Luar Angkasa Dipecat

Sabtu, 22 Januari 2011

Bagikan :
Seorang eksekutif perusahaan besar Jerman dipaksa meninggalkan pekerjaannya akibat salah satu informasi yang dimuat oleh Wikileaks.

Berry Smutny adalah salah satu chief executive OHB-System, yakni perusahaan yang bergerak dalam bidang luar angkasa. Namun dia kehilangan pekerjaannya setelah pihak perusahaan mengetahui bahwa Smutny pernah menjelek-jelekkan proyek navigasi satelit Eropa, Galileo.

TechEye melansir, Rabu (19/1/2011), kepada sejumlah diplomat Amerika Serikat (AS), Smutny menyebut proyek itu sebagai 'ide yang buruk' serta penggunaan uang pajak yang sia-sia. Padahal OHB-System merupakan salah satu konsorsium yang terlibat dalam proyek tersebut.

Smutny sempat menyangkal pernah berkata demikian kepada diplomat AS. Tapi setelah membaca konten di Wikileaks yang dipublikasikan oleh harian Norwegia, Aftenposten, anggota dewan OHB memutuskan untuk mendepak Smutny.

Dalam pernyatannya, dewan pengawas OHB mengklaim bahwa mereka telah 'mencapai keputusan mutlak' untuk mencabut kontrak kerja Smutny, sekaligus mengutarakan ketidaksetujuan mereka terhadap kutipan Smutny.

Galileo sendiri adalah proyek miliaran euro yang akan melengkapi, sekaligus bersaing, dengan sistem navigasi GPS milik Amerika Serikat. Galileo diharapkan bisa memberikan data waktu dan lokasi akurat yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari mendaratkan pesawat hingga mengkoordinasi transaksi finansial.

Meski pendapat Smutny menyebabkannya dipecat, berbagai media Eropa tampaknya berpendapat serupa, bahwa proyek ini sudah terlalu lama berjalan serta jauh menghabiskan terlalu banyak uang.

ref: okezone.com
Terima kasih atas kunjungan anda. Hubungi kami di redaksi@tahukahkamu.com atau admin@tahukahkamu.com. Silakan keluarkan pendapat anda dengan berkomentar di bawah ini.
PENGUMUMAN
http://3.bp.blogspot.com/_VWGypXyRtgI/TCBXHjeuGgI/AAAAAAAAAZM/H9DXAOmgwBM/s1600/animasi.gif
TahukahKamu.com akan meluncurkan stasiun radio online.

Bagi kamu yang suka ngomong atau hobi cuap-cuap, dipersilakan untuk menjadi DJ radio online ini.

Kami akan kirimkan cara setting komputer kamu untuk bisa siaran via email.

Silakan daftarkan diri kamu melalui formulir "Pendaftaran DJ Tahukah Kamu Radio" atau klik di sini.


Terima kasih.


Klik di sini untuk menghilangkan pengumuman ini

0 komentar:

Posting Komentar

Gunakan kode berikut jika ingin menyertakan emoticon:

:))

:)]

;))

;;)

:D

;)

:p

:((

:)

:(

:X

=((

:-o

:-/

:-*

:|

8-}

~x(

:-t

b-(

:-L

x(

=))